Jumat, 19 Oktober 2012

Search Engine (Mesin Pencari)


Search Engine;
Suatu mesin pencari (search engine) adalah merupakan salah satu fasilitas/program komputer di internet yang dapat dinikmati untuk mempercepat proses pencarian informasi yang dibutuhkan di internet. Fasilitas ini memungkinkan pengguna internet untuk mendapatkan segala macam informasi yang ingin didapatkan. Hanya menanyakan satu kata atau kelompok kata kepada pengguna untuk dicari. Program ini kemudian mencari isi situs-situs Web di internet untuk melihat apakah kata atau kata-kata tersebut ada di dalam situs-situs Web tersebut.  Mesin pencari lalu memperkirakan seberapa bermanfaat situs yang mengandung kata-kata yang dicari dan menyajikan penanya dengan alamat situs Web dan dokumen –dokumen yang memuat kata-kata yang telah dipilih.
Google (www.google.com), Yahoo (www.yahoo.com), Meta-Crwler (www.metacrawler.com), Excite (www.excite.com), Alta Vista (www.altavista.com), MSN (www.msn.com) , AskJeeves (www.askjeeves.com) adalah sebagian kecil situs-situs  mesin pencari dan portal populer yang tersedia bagi pengguna untuk mencari informasi yang dapat diakses melalui web.  Situs-situs kemudian diorganisasikan dengan cara yang akan membuat mereka mudah untuk digunakan. Tidak ada biaya untuk menggunakan mesin-mesin pencari ini. Akan tetapi, ada beberapa organisasi yang membayar perusahaan mesin pencari untuk menampilkan produk-produknya di dalam daftar hasil.

Bagaimanakah cara kerja Mesin Pencari?
Cara kerja mesin pencari yaitu dengan menambang informasi dan mengumpulkannya dalam basis data mereka, cara kerja mesin pencari  melalui 3 cara yang berbeda, antara lain:
  • Mesin pencari Spider/Crawler
Mesin pencari berbasis crawler ialah mesin pencari yang secara otomatis menjelajah setiap website, oleh karena itu dinamakan spider atau crawl yang meng-‘crawler’ internet website, dan temuan yang telah diperoleh akan ditambahkan pada database mereka. Contoh Jenis Mesin Pencari ini adalah: Google.

  • Human-Powered Directory
Mesin pencari berbasis human-powered atau disebut juga sebagai Open Directory sangat bergantung pada keberadaan manusia dalam menilai keabsahan website untuk ditambahkan ke dalam database mesin pencari mereka. Oleh karena itu dalam segi tertentu, mesin pencari jenis ini terbilang akurat dalam menilai website. Jenis mesin pencari ini adalah Yahoo Search.

  • Hybrid Search Engine atau Mixed Search Engine
Kombinasi mesin pencari yang menggunakan modus berbasis crawler dan human-powered dinamakan hybrid search engine. Contoh mesin pencari ini yaitu Dogpile dan Meta-Crawler.




Sumber:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar