Sabtu, 05 Januari 2013

METADATA


Metadata adalah informasi terstruktur yang mendeskripsikan, menjelaskan, menemukan, atau setidaknya membuat menjadikan suatu informasi mudah untuk ditemukan kembali, digunakan, atau dikelola. Metadata adalah informasi yang membuat Anda lebih mudah untuk mendapatkan, menggunakan, atau mengelola resource (sumber daya) atau objek.

 Metadata sering disebut sebagai data tentang data atau informasi tentang informasi. Metadata ini mengandung informasi mengenai isi dari suatu data yang dipakai untuk keperluan manajemen file/data itu nantinya dalam suatu basis data. Jika data tersebut dalam bentuk teks, metadatanya biasanya berupa keterangan mengenai nama ruas (field), panjang field, dan tipe fieldnya: integer, character, date, dll. Untuk jenis data gambar (image), metadata mengandung informasi mengenai siapa pemotretnya, kapan pemotretannya, dan setting kamera pada saat dilakukan pemotretan. Satu lagi untuk jenis data berupa kumpulan file, metadatanya adalah nama-nama file, tipe file, dan nama pengelola (administrator) dari file-file tersebut.
Fungsi metadata
Metadata memberikan fungsi yang sama seperti katalog yaitu:
  • membuat sumberdaya bisa ditemukan dengan menggunakan kriteria yang relevan;
  • mengidentifikasi sumberdaya
  • mengelompokkan sumberdaya yang serupa
  • membedakan sumberdaya yang tak miliki kesamaan
  • memberikan informasi lokasi

Kegunaan
·         Semua jenis metadata memiliki struktur yang menggambarkan resource, menjelaskan tujuan, atau menceri letaknya pada sebuah sistem milik Anda.
·         Metadata memastikan bahwa resource tetap bisa diakses dan informasi yang relevan tersedia ketika Anda membutuhkannya.
·         Namun, Anda tidak perlu menciptakan semua tiga jenis metadata untuk setiap resource.
·         Sebagai contoh, jika Anda hendak membuat diagram alur untuk menciptakan sebuah program perangkat lunak, memasukkan metadata struktural dan administratif mungkin sudah mencukupi

Jenis metadata
Metadata berisi berbagai informasi dan dapat dipecah menjadi tiga jenis utama:

  1. Metadata deskriptif menggambarkan suatu sumberdaya dalam maksud seperti penemuan dan identifikasi. Dia bisa meliputi elemen semisal judul, abstrak, pengarang, dan kata kunci. Metadata deskriptif berisi informasi atau kata kunci yang menjelaskan resource dan membantu Anda menemukan resource dalam suatu sistem. Sebuah katalog buku adalah contoh dari metadata deskriptif. Katalog buku umumnya berisi informasi seperti nomor buku, tema, judul, dan penulis yang dapat Anda gunakan untuk mencari buku-buku tertentu di perpustakaan. Metadata deskriptif juga biasa digunakan untuk membuat halaman web. Metadata deskriptif pada halaman web akan berisi informasi seperti kata kunci, deskripsi, set karakter, bahasa, dan bagaimana Anda ingin spider mesin pencari mengindeks halaman web.

  1. Metadata struktural menunjukkan bagaimana kumpulan obyek disusun secara bersama-sama menjadi satu, semisal bagaimana halaman-halaman ditata untuk membentuk suatu bab. Metadata struktural menggambarkan struktur obyek yang bisa terdiri atas tabel dan kolom dalam database, daftar lagu pada CD, atau halaman dalam sebuah buku. Metadata strukrutal membantu pengguna mengeksplorasi resource menggunakan indeks dan bahkan menggambarkan bagaimana beberapa objek berhubungan dengan yang lain, seperti urutan file. Metadata struktural dapat mengandung informasi tambahan termasuk batas-batas logis, posisi dalam memori, dan bahkan menjelaskan bagaimana dan mengapa sebuah objek digunakan.

  1. Metadata administratif menyediakan informasi untuk membantu mengelola sumberdaya, semisal terkait kapan dan bagaimana suatu informasi diciptakan, tipe dokumen dan informasi teknis lainnya, serta siapa yang bisa mengaksesnya.Metadata administratif membantu pemakai mengelola resource dan menyediakan informasi seperti jenis file, tanggal pembuatan, kontrol kualitas, dan frekuensi penggunaan. Jenis metadata ini digunakan untuk merekam informasi jangka pendek dan jangka panjang tentang kumpulan data. Sebagai contoh, metadata administratif tentang monitor komputer akan berisi ukuran monitor, model, resolusi, warna, cahaya, dan kebutuhan daya listrik.

Sumber:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar